NEW GTA : MAP PROJECT + PLAN

Saat ini New GTA-nya : GTA mobile Legends v 0.1
Versi baru (lihat diartikel  ) : Menunggu update gamenya

Artikel ditulis pada 02 March 2018
Rencana setelah merelease versi 0.1 dan Menerima banyak Feedback


Walau saat ini bernama GTA Mobile Legends, tapi project GTA mod ini sebenarnya merupakan sebagian aktifitas moddingku yang berupaya memasukkan/ membuat map baru di engine GTA San Andreas. Artinya tidak hanya map dari Mobile Legends saja pada akhirnya .....
Setelah aku merelease versi test 0.1 dan menerima banyak feedback, aktifitas seperti ini akhirnya kujadikan dalam 2 versi dalam 4 tahapan:

~ Mengconvert apa adanya 
~ Mengconvert dan memoddingnya kembali menurut apa yang paling mungkin di engine Game tersebut.

1. Versi 0.1 dan seterusnya 0.1b, 0.1c ..
   hingga barangkali 0.1 z  ... adalah versi apa adanya dari model yang kudapat. Bukan apa adanya dari gamenya. Area 6000x6000.
   Sehingga harap maklum kalau di versi 0.1 dan turunannya aku meletakkan areanya di sekitar laut, karena itu default GTA.
   Rencanaku ; kalau masuk laut bisa kembali ke lokasi asal dengan Cheat (ini belum kubuat) atau pakai teleport (sudah kubuat). 
   Cuma memang aku kurang memberi penjelasan tentang fitur ini.
   Versi apa adanya ini kubuat untuk keperluan archiving, (mengarsip model ke dalam koleksiku). 
   Karena aku memang hobbi mengkoleksi dan mengconvert model 3D dari game  ke game mod yang kusuka dan kubisa.
   Aku melakukannya untuk Mobile Legends di engine GTA SA PC. Karena itu yang kubisa.
   Tetapi tentu saja ; andai GTA V bisa mengapa tidak ?  Andai map lain seperti Arena of Valor bisa mengapa tidak ...
   Barangkali belum disadari; tetapi game online (termasuk versi mobile) adalah game yang akan langsung hilang dan tak bisa dimainkan lagi jika telah berakhir dan    servernya tutup. Walaupun masih punya installer atau apknya.... 
   Aku sudah mengalaminya di beberapa game android yang kini tutup dan tak bisa dimainkan lagi. 
   Walaupun untungnya aku masih bisa memainkan beberapa character yang kusuka karena sudah ku convert ke GTA.
   Sekarang aku melakukannya untuk map juga dan dengan game GTA baru yang siap install. 
   Tujuannya diantaranya agar lebih mudah dipakai ... untuk sekarang dan keperluan bernostalgia di masa depan .... andai game aslinya sudah tak ada lagi.
   


2. Versi 0.2 hingga 0.9xxx
   Ini versi paling mungkin yang bisa dilakukan oleh engine GTA SA terhadap sebuah mod.
   Paling mungkinnya tentu dengan standar PCku dan kemampuan modding engine GTA di PCku.
   Aku berencana memasukkan daratan dan memoddingnya semampuku mulai versi ini.
   Area masih 6000x6000.
   

3. Versi 1.0 
   Versi complete. Standarnya semua map masuk, character masuk, senjata masuk, path/ traffic selesai, radar telah benar di area standar (6000x6000).
   Ini bisa disusul dengan versi tambahan seperti v1.1 untuk memasukkan character baru; yang baru ada setelah versi 1.0 muncul

4. Setelah versi 1.0 usai aku akan memasukkannya ke GTA map project baru di area 48000x48000 yang sesuai dengan genre tersebut.

   Disini bisa jadi berbagai HERO MOBA dan character lain bertemu di berbagai map di satu GTA

------------------------------
Artikel ditulis pada 09 February 2018

Tulisan ini berisi penjelasan tentang GTA Map baru yang kubuat, alasan, apa yang ingin kulakukan, copyright dan sebagainya sehingga bisa diikuti dan dikritisi dengan jelas. 
Ini post lama dari 2014 yang ku edit.


LATAR BELAKANG
Keinginan dan aktifitasku membuat map baru untuk GTA sudah lama ada sejak aku bikin blog. Tapi baru mantap ingin mereleasenya ke publik sejak 2017; ketika Rockstar resmi menetapkan aturan modding GTA, dan kemampuan tool FLA (Fastman92 Limit Adjuster) yang bisa menampung 1 juta IDE GTA SA ( di GTA SA biasa tanpa FLA hanya memungkinkan di bawah 20.000). 
Dan aku mulai mereleasenya 31 Januari 2018 lalu dengan satu map bernama GTA Mobile Legends untuk GTA SA PC. Kupilih GTA San Andreas PC; karena toolnya sangat memungkinkan walaupun ku harap bisa untuk GTA yang lain,  dan pastinya kedepannya bukan mod  tentang Mobile Legends saja (andai aku masih bisa melanjutkannya tentunya).

RULE GTA MODDING
Secara resmi, memang baru sejak 2017 Rockstar merelease statemen pertama tentang modding yang mereka inginkan yang umumnya disebut sebagai Rockstar Modding Policy. Di release 23 Juni 2017 dan diupdate 7 Agustus 2017 ....



Question: Are PC Single-Player Mods Allowed?
Answer: Rockstar Games believes in reasonable fan creativity, and, in particular, wants creators to showcase their passion for our games. After discussions with Take-Two, Take-Two has agreed that it generally will not take legal action against third-party projects involving Rockstar’s PC games that are single-player, non-commercial, and respect the intellectual property (IP) rights of third parties. This does not apply to (i) multiplayer or online services; (ii) tools, files, libraries, or functions that could be used to impact multiplayer or online services, or (iii) use or importation of other IP (including other Rockstar IP) in the project. This is not a license, and it does not constitute endorsement, approval, or authorization of any third-party project. Take-Two reserves the right to object to any third-party project, or to revise, revoke and/or withdraw this statement at any time in their own discretion. This statement does not constitute a waiver of any rights that Take-Two may have with respect to third-party projects.

Aku tak akan menterjemahkan semuanya; karena bisa di google translate dan karena kebijakan itu bisa diupdate lagi.
Intinya  (saat ini) :
~ Rockstar dan Take-Two tak akan melakukan tuntutan hukum kepada Project Pihak Ketiga (Modder) yang melibatkan PC Gamenya Rockstar yang Single Player, non commercial  dan  
~ menghargai hak-hak Kekayaan Intelektual Pihak Ketiga. 

Tetapi :
itu tak berlaku untuk hal-hal berbau multiplayer dan pelayanan online, tool, files, libraries  dan beberapa fungsi yang mempengaruhi multiplayer dan pelayanan online, dan penggunaan kekayaan properti lain (termasuk kekayaan propertinya Rockstar) dalam poject tersebut.


Secara umum, setelah rule itu muncul apa yang dilakukan komunitas GTA adalah memilih modding untuk offline (khususnya GTA V) dan menjauhi map konversi dari game-game buatan Rockstar ke GTA V.
Apa yang kulihat untuk modding GTA lain, khususnya GTA San Andreas dan mod konversi baik GTA V, dan GTA lain tak berubah. Walau aku melihat rule Rockstar itu mencakup keseluruhan produk PC mereka tetapi yang namanya modding akhirnya memang berjalan dengan kemauan masing-masing. Modding GTA dengan cara online tetap berjalan, termasuk di GTA V dengan Five-M nya apalagi di GTA San Andreas yang Rockstar tak mempunyai GTA online disitu.

ALASAN MODDING GTA MAP
Barangkali harus kutulis disini,bahwa aku cuma fans dari game 3D yang bisa dimod. Aku pernah memodding Skyrim,  dan Watch Dog juga. Jika aku memilih GTA San Andreas, saat ini PCku memang cuma kuat untuk modding GTA San Andreas dan bisa tapi sangat berat untuk modding GTA V. Juga karena tool untuk modding GTA San Andreas PC lebih baik dan telah siap pakai untuk memodding keseluruhan aspek GTA San Andreas di banding GTA V yang sebagian belum mungkin dimod.
Fitur GTA SA map modding ini sekarang sangat mungkin untuk membuat map di area yang sangat luas.
48.000x48.000 itu yang kupilih.
Tetapi semuanya harus bermula di area biasa GTA San Andreas yang 6000x6000. Karena kemampuan tool untuk membuat path (scriptnya Deniska) hanya dirancang di area biasa, baru setelah itu di move dengan toolnya Fastman92.
Disamping itu juga, ratusan atau ribuan character, senjata dan kendaraan bisa ditambahkan karena Fastman92 Limit Adjuster telah support sampai 1 juta IDE.
Dengan fitur sekuat ini bagiku sangat disayangkan jika aku tak menggunakannya untuk keperluan modding. Aku hanya perlu memilih mod yang mudah dibuat dan memiliki resiko sedikit jika dikonvert ke GTA SA ketika memilih untuk mensharenya ke publik.
Membuat map sendiri pastinya lebih susah dan belum tentu menarik minat andai di distribusikan.

MOD BASE
Itu juga yang membuatku memilih Mobile Legends conversion sebagai mod awal, Soal popularitas iya. Tapi, aku memilihnya, juga karena ku anggap publishernya tidak terlalu rese dan membiarkan saja fan made berkembang, termasuk yang berkenaan dengan model 3D-nya / film animasi 3D yang sudah pasti bersumber dari game ini. 
Itu bisa terjadi, karena ku anggap fan made dari Mobile Legends dan apapun yang bisa beredar di internet bisa membantu dan menjaga popularitas game tersebut.
Intinya aku menganggap Mobile Legends sebagai game yang cukup aman untuk dikonversi dan kujadikan sebagai mod base atau mod awal dari New GTA yang kurelease.
Untuk mod selanjutnya belum akan ku bahas .... karena mod ini sendiri masih dalam versi test. Bisa saja mod ini kuhentikan dan aku memilih mod lain untuk dikembangkan.
Ku buat sebagai Total Conversion dulu di area kosong GTA San Andreas, setelah itu dipindahkan di area GTA San Andreas yang telah support Fastman92 Limit Adjuster sebagai map add on. Demikian juga andai  aku membuat map-map lain akan kurang lebih seperti itu.

PEMBUATAN 
Masih dalam proses tapi sekarang  bugs player sudah kuatasi, untuk versi selanjutnya kuharap tak bakalan ada bugs dari player.img.




 
DISTRIBUSI PACK
 Sejauh ini aku sudah membaca banyak polemik tentang distribusi mod.
Aku tak akan membenarkan pendapatku, jika aku memilih mendistribusikannya dalam bentuk installer dengan executablenya. Aku hanya menyebutkan beberapa point yang kujadikan alasan :

- Lebih mudah. Tinggal install kalau Windowsnya cocok bisa langsung jalan, dan tinggal diuninstall kalau boasan atau di anggap jelek dan takbutuh.
- Tak ada larangan secara resmi bahwa executable (gta_sa) tak boleh didistribusikan. Itu kuanggap valid saat GTA San Andreas dijual dalam bentuk DVD sehingga butuh DVD check, 12 atau 13 tahun yang lalu. Sekarang GTA SA sudah ada di steam. Dan toch pada akhirnya orang memberi link tentang executable crack Hoodlum v1.0 juga saat hendak memod GTA San Andreas yang ada. Contohnya GTA underground, .... exe tak ikutan dipack tapi meminta orang menggunakannya juga dengan memberi link atau mencarinya sendiri.

~ Pack yang kudistribusikan bukan seperti GTA SA yang ada di Steam atau GTA SA versi DVD/CD sehingga sebutan bajakan tak berlaku disini, dan exenya juga ku modif lagi agar tak menyimpan save game ditempat yang sama dengan GTA SA biasa. Aku hanya tak ingin mengganggu perkembangan GTA San Andreas yang biasa.
~ GTA SA PC sudah berusia lebih dari 10 tahun. Ada opini bahwa suatu game didistribusikan untuk mengambil keuntungan komersial selama 10 tahun. Barangkali itu juga yang membuat GTAForums membolehkan game konversi pada game yang dibuat sebelum tahun 2005. Alasannya sebenarnya agar tak merugikan penjualan game yang dibuat. Dan lagipula GTA yang kubuat itu kontennya tak sama dengan GTAnya Rockstar. Jadi aku tak melihat alasan kerugian komersial akan terjadi disebabkan modku yang barangkali mapnya baru seupil dibanding map GTA SA yang asli.
~ Beda platform. 
Yang kubuat itu sebagian besar konversi dari platform Android (Mobile Legends)  ke PC.  Aku tak bisa atau belum membuatnya di Android karena tool yang tak support dan tak tahu caranya atau memang belum ada caranya. Jadi kuanggap ini tak akan merugikan Mobile Legends sebagai game android/ios ? dan juga GTA SA baik PC atau Android.

FUTURE PLAN

Saat ini cuma bisa memberi screenshot lama dari GTA mods yang pernah kubuat, semoga bisa dibuat lagi suatu saat dalam kondisi yang lebih baik

GTA SA yang pernah kubuat



screenshot 2 GTA 4 (abandoned)


GTA Jakarta

Post A Comment:

8 comments:

  1. Bang yun , mau tanya .
    Aku pernah lihat di videonya bang yun ada skin rafaela yg default ..
    Btw nama file nya rafaela yg default apa ya di file ml nya tersebut . Saya cuma nemuin hero angel 1 . Hero angel 2 , hero angel 3 . Sya coba cek in satu2 ternyata ga ada yg skin defaultnya . Barang x beda nama . Nah mungkin bang yun tau, soalnya sya lihat di video bang yun udah nge convert rafaela skin default.

    ReplyDelete
  2. rencanaku semula kalau packnya sudah kuuplod

    ReplyDelete
  3. Min, mod VS Haya Gatot Lesley cara masangnya gimana? Ane udah import dff dan textur without alpha pakai txd tools, skinnya cuma putih. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu error random utk GTASA Android,gan
      aku sudah liat di Youtube ada yg sukses masang Gatot,Lesley dan lainnya. Jadi kalau jadi putih aku mengira itu error yg akan didapat secara random utk moding GTA SA Android,karena kemungkinan sistem Androidnya,toolnya atau error di memori hingga texturenya ndak ketemu.
      Aku belum melihat solusi ini kecuali saran :
      -andai agan punya PC/laptop gunakan itu saja dulu, krn aku mmg buatnya untuk PC dan agan akan menemukan kasus texture jadi putih lagi suatu saat.
      -coba ukuran texturenya disamakan dengan ukuran texture file asli yg diganti, kalau 256x256 diresize jadi segitu (nggak jamin work)
      -coba dipakai untuk ngganti skin yg biasanya work

      Yg paling repot adalah kalau TXD toolnya yg memang bugs, gagal memasukkan texture dengan benar. Itu yg kualami di PC saat modding CJ, penyebabnya toolnya yg bugs dan aku ganti pakai tool lain. Cuma aku tak begitu paham TXD tool Android selain yg kutemukan di google dan TXDF*cker.

      Delete
    2. Oo oke kalau begitu min. Entar ane coba. Terimakasih. Keep modding��

      Delete
  4. Dulu ane juga ngalamin Zilong, Gatot putih. Padahal udah di import, tp ane akalin ganti file txd.txt nya, ngambil dari modpack yg ada di google, hasil nya work

    ReplyDelete